Inilah Beberapa Kehebatan dan KelebihanAndroid One Xiaomi MI A1


Seperti yang telah banyak diketahui oleh masyarakat pecinta gadget, bahwa Selasa (5/9/2017) siang, Xiaomi telah meresmikan kehadiran smartphone terbaru sekaligus ponsel Android One pertamanya,  yaituXiaomi Mi A1. Seperti apa spesifikasi, dan berapa harga Xiaomi Mi A1?

Karena menjalankan sistem operasi Android One, Xiaomi Mi A1 tidak memiliki antarmuka MiUI layaknya ponsel Xiaomi pada umumnya, melainkan antarmuka stok Android racikan Google.

Director of Product Management Xiaomi Global, Donovan Sung, menggarisbawahi kelebihan-kelebihan Mi A1 ketika berbicara di acara peluncuran ponsel tersebut di New Delhi, India.

"Tiga hal yang ada pada Xiaomi Mi A1 adalah nih layar, dual camera, dan full metal body," ujar Sung di hadapan 70 jurnalis dari 10 negara dan 130 orang anggota komunitas fans Xiaomi di India.

Cangkang logam Mi A1 memuat spesifikasi layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi full-HD. Xiaomi Mi A1 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni gold, rose gold, dan black. Yang paling utama, Xiaomi Mi A1 memiliki kamera ganda (dual camera) di bagian belakang.

Kedua kamera Xiaomi Mi A1 memiliki spesifikasi kamera resolusi 12 megapiksel dan konfigurasinya serupa iPhone 7 Plus. Satu kamera memiliki bidang pandang lebar (wide), sementara lainnya tele, untuk foto portrait dengan efek background yang buram (blur).

Sung bahkan berani mengklaim kualitas blur yang dihasilkan kamera tele Xiaomi Mi A1 sebanding dengan kamera digital tipe DSLR.

Dari sisi jeroan atau hardware, Xiaomi Mi A1 termasuk kategori spesifikasi kelas menengah. Harga Mi A1 dipatok Rs 14.999 atau setara Rp 3,1 jutaan. Harga Xiaomi Mi A1 yang Rp 3 jutaan itu termasuk ke harga kelas menengah ke bawah. Terdapat tiga varian Xiaomi Mi A1 yang disediakan, yakni gold, rose gold, dan hitam.

Xiaomi Mi A1 mulai tersedia 12 September 2017 di India dan selanjutnya akan hadir di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Tak butuh waktu lama bagi Xiaomi merilis pembaruan Android Oreo untuk Mi A1 

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (16/1/2018), pembaruan ini menghadirkan sejumlah penyelesaian masalah, seperti reboot yang berulang, baterai yang begitu boros saat memakai Bluetooth, dan masalah lainnya.

Selain itu, fungsi gestur di pemindai sidik jari juga kembali hadir dengan digulirkannya pembaruan ini. Tak lupa, Xiaomi juga menyertakan patch keamanan Android Januari.

Untuk informasi, saat meluncur pertama kali, update Android Oreo Mi A1 masih dibekali dengan patch keamanan Android pada Desember.

Bagi pengguna yang sudah memasang Android Oreo di perangkat Mi A1-nya, pembaruan ini hanya berukuran sekitar 90MB. Namun, jika pengguna sama sekali belum melakukan update ke Oreo, file pembaruan ini berukuran sekitar 1,12GB.

Sekadar diketahui, beberapa hari lalu, Xiaomi sempat menghentikan sementara pembaruan untuk Android Oreo. Alasannya, sejumlah pengguna melaporkan perangkat Mi A1-nya memiliki banyak bugs setelah diperbarui ke sistem operasi tersebut.

Ada beberapa jenis bugs yang dilaporkan pengguna, namun yang paling parah adalah baterai yang lebih boros, terutama saat fitur Bluetooth diaktifkan.

Sebelumnya akhir Desember 2017 tepatnya pada tanggal 31 Desember 2017, pengguna smartphone Android One Xiaomi Mi A1 mulai kebagian update OS Android Oreo 8.0.

Hal ini diumumkan Xiaomi Indonesia lewat akun Twitternya @xiaomiindonesia pada 31 Desember 2017.

"Kejutan akhir tahun! Untuk pengguna Mi A1, sebentar lagi update yang sudah ditunggu-tunggu akan datang! Tapi pastikan dulu kalau kamu sudah punya update terbaru di Desember 2017 (7.12.19) buat menerima Andoid O," kicau akun Twitter Xiaomi.

Sementara itu, berdasarkan laporan yang dikutip dari Phone Arena, karena hadir dalam jajaran smartphone Android One, Xiaomi Mi A1 termasuk sebagai salah satu smartphone yang paling awal mendapat update Android Oreo.

Sebelumnya, Xiaomi memang menjanjikan smartphone-nya yang telah rilis di sejumlah negara Asia (termasuk Indonesia) dan beberapa negara di Eropa ini bakal mendapat update Android Oreo sebelum akhir tahun.

Xiaomi pun menepati janjinya dengan merilis pembaruan OS Android Oreo 8.0 tepat pada akhir tahun, yakni 31 Desember 2017.
Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==